Menjadi seorang ibu sekaligus wanita karier tak dipungkiri adalah hal yang melelahkan, karena harus melakukan pekerjaan rumah, bekerja, sekaligus mengasuh anak. Terlebih di kondisi pandemi seperti saat ini, semuanya dilakukan secara mobile atau work from home (WFH) sehingga para ibu harus pintar-pintar mengelola waktu dan melakukan semua pekerjaan dengan baik. Nah, supaya lebih efektif, berikut ini tips yang bisa diterapkan untuk para ibu.
Manajemen waktu dengan baik
Hal pertama yang perlu diterapkan para ibu yang bekerja adalah mengelola waktu dengan baik. Pertama-tama, Moms bisa menerapkan waktu yang tepat dalam mengurus rumah tangga, misalnya memulai pagi dengan bersih-bersih dan menyiapkan makanan untuk keluarga. Untuk menghindari kerepotan di pagi hari, Moms bisa menyiapkan bahan makanan maupun perlengkapan sekolah anak di malam sebelumnya.
Setelah rutinitas pagi terselesaikan, ibu bisa mulai mengerjakan pekerjaan. Untuk menghindari kelelahan waktu bekerja, Moms bisa melakukan peregangan di sela-sela bekerja maupun saat istirahat. Walau harus bekerja 9 to 5, tetapi jangan lupa juga untuk mengecek kondisi anak, ya. Biar makin tenang, Moms juga bisa meminta bantuan pasangan atau baby sitter untuk menjaga sang buah hati.
Menjelang sore atau malam hari, Moms bisa kembali menyiapkan makan malam. Ini juga sekaligus menjadi momen yang pas untuk quality time bersama keluarga. Setelah itu, bantu si kecil menyelesaikan pekerjaan rumah bersama dengan pasangan. Menjelang tidur, ibu dapat melakukan me time seperti membaca buku maupun nonton film, atau bisa juga pergi tidur lebih awal agar kondisi tubuh fit di kemudian hari.
Susun daftar rencana atau jadwal kegiatan
Beberapa ibu yang bekerja memilih untuk memprioritaskan keluarganya dibanding keluarga, namun ada pula yang lebih mengutamakan pekerjaan dan menyerahkan urusan rumah dan anak kepada asisten rumah tangga atau baby sitter. Nah, buat para ibu yang juga sekaligus wanita karier, bisa kok menyeimbangkannya dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari.
Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari berdasarkan skala prioritas, maka pekerjaan akan lebih terstruktur dan dapat terselesaikan sesuai waktu yang ditentukan. Selain menyusun daftar kegiatan rutinitas seperti memasak, menyiapkan keperluan keluarga, dan bekerja, para ibu juga perlu tahu kapan harus pergi membeli bahan makanan sehingga persediaan makanan di rumah tetap ada. Jadi, nggak perlu boros karena memesan makanan siap saji.
Hal yang nggak kalah penting adalah memasukkan rencana menghabiskan waktu bersama keluarga di akhir pekan, misalnya dengan mengajak anak berjalan-jalan atau bisa juga berkunjung ke sanak saudara. Dengan demikian, semua hal akan terasa lebih mudah tanpa menyita waktu bersama keluarga.