5 Kegiatan Untuk Melatih Keberanian

Mums, sebagai orangtua tentunya harus menanamkan keberanian pada si kecil sejak dini. Dengan memiliki sikap yang berani menunjukkan bahwa si kecil dapat berkembang baik secara mandiri, agar si kecil lebih mudah untuk menghadapi dunia dan tidak menjadi pemalu.

Orangtua perlu menanamkan kesehatan mental si kecil sebagai persiapan menghadapi berbagai situasi ketika ia tumbuh dewasa. Mums harus memastikan bahwa telah menerapkan pola asuh yang benar dan memberikan cinta yang cukup. Nah, Kumapedia memiliki 5 rekomendasi kegiatan untuk melatih keberanian si kecil loh. Yuk, simak baik-baik, Mums.  

  • Berkemah di Alam Terbuka

Mums, ada banyak pelajaran penting yang bisa dipetik dari berkemah di alam. Termasuk mengajarkan anak untuk peduli lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak memetik bunga sesuka hati, dan tertarik untuk merawat tanaman. Kemudian, menghargai hal-hal kecil dan tidak mudah menyerah, seperti membantu untuk mendirikan tenda, mengambil air ke sungai dan tidur beralaskan sleeping bag yang tidak seempuk kasur di rumah. 

Selain itu, dapat melatih keberanian dan kemandirian anak dengan berenang di sungai dan melalui jalan berbatu, berlari tanpa alas kaki di rerumputan, dan tidur di tenda pada malam yang dingin. Si kecil perlu mengikuti jadwal yang telah ditentukan, seperti tidur, makan, mandi, dan semua tugas harus diselesaikan tepat waktu. Yang terpenting, kegiatan ini dapat melatih kedisiplinan dan menanamkan mental yang kuat pada si kecil. 

  • Outbound Seru Bersama Keluarga

Jika selama ini liburan hanya dilakukan melalui aktivitas di dalam ruangan, seperti di pusat perbelanjaan, maka buatlah yang unik, seperti outbound. Si kecil bisa mendapatkan berbagai manfaat dari permainan ini dan menjadikan liburannya lebih bermakna.

Bermain melintasi rintangan yang menantang dan diakhiri dengan flying fox bisa menjadi pilihan bagi si kecil. Hal ini dapat melatih keterampilan pemecahan masalah, seperti kemampuan berpikir cepat, kreatifitas dan ketangkasan juga diperlukan untuk menyelesaikan permainan. Dalam hal ini, karakternya akan lebih terbuka dan ia akan merasa bangga telah menyelesaikan permainan. Hal ini dapat memotivasinya untuk melakukan hal lain dengan sikap positif dan keberanian mengambil keputusan.

  • Ajaklah Berlibur ke Kebun Binatang

Cara lain untuk melatih keberanian si kecil adalah dengan mengajaknya ke kebun binatang saat liburan. Si kecil akan melihat berbagai kelompok hewan yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Mums bisa menceritakan karakter dari beragam hewan tersebut. Seperti seekor singa atau harimau yang kuat dan pemberani. Mums juga dapat mengajak si kecil untuk memberi makan hewan dan menunggangi hewan yang diperbolehkan oleh kebun binatang. Dengan cara ini, si kecil telah berhasil mengatasi tantangan yang diberikan dan siap menerima tantangan berikutnya. 

  • Storytelling

Dengan menumbuhkan kemampuan storytelling sejak dini, si kecil dapat tumbuh menjadi remaja yang mahir bicara. Pilih cerita yang menarik agar si kecil lebih antusias mendengarkan, seperti fabel dan legenda. Saat mendengarkan sebuah cerita, si kecil akan belajar berpikir kritis dengan mencoba mencari tahu bagaimana alur cerita yang ada di benaknya. Ketika storyteller menyampaikan secara ekspresif, si kecil akan mudah dengan mudah memahami maknanya. Biarkan si kecil memahami isi dan informasi dari cerita tersebut. Lalu, mintalah si kecil menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri untuk menyampaikan makna dari cerita yang didengarnya. Hal ini dapat mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengasah kepercayaan diri untuk menyampaikan hal-hal tertentu, termasuk opini dan interpretasi cerita.

  • Ajarkan Membantu Orang Lain

Saat membantu orang lain, keberanian dan rasa percaya diri si kecil akan meningkat, karena ia bisa memikirkan apa yang bisa ia lakukan untuk membantu orang yang kesulitan. Tidak perlu dalam skala yang besar. Ajaklah si kecil untuk membantu Mums saat membersihkan halaman, membantu Dads saat mencuci kendaraan, atau membantu teman yang terjatuh di sekolah. 

Ketika si kecil melakukannya dengan baik, akan muncul rasa bangga terhadap kemampuan yang dimiliki, sehingga menjadi lebih berani dan juga percaya diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *