5 Manfaat Saat Si Kecil Bermain Pasir

Pasir merupakan media yang sering menarik perhatian si kecil. Baik di pantai atau di taman bermain, berkutat dengan pasir akan membuat si kecil antusias, bahkan lupa waktu.

Moms, meski pasir akan menempel di baju dan tubuh si kecil, ternyata banyak manfaat yang bisa didapat dari bermain pasir, loh. Apa saja ya manfaatnya? Yuk, simak baik-baik, Moms.

  1. Tingkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Saat bermain pasir, si kecil akan membuat apapun yang diinginkannya sesuai dengan imajinasinya. Ada yang membangun istana, ada yang membangun rumah, ada yang menggambar, dan membuat bentuk apapun yang ada di dalam imajinasinya. Hal ini tentu membantu mengasah kreativitasnya, sehingga si kecil akan terbiasa mengeksplorasi imajinasinya.

  1. Mengembangkan Kemampuan Motorik Si Kecil

Saat si kecil bersentuhan dengan pasir, meraba teksturnya, mencoba berjalan di atas pasir, pergerakan seperti memindahkan pasir dari tempat satu ke yang lainnya dan bermain menggunakan sekop juga akan mengasah keterampilannya dalam menggerakkan tubuh. hal tersebut sangat mengembangkan kemampuan motoriknya. Ditambah, saat mengangkat ember yang berisi pasir, si kecil juga melatih kekuatan otot-ototnya.

  1. Mengembangkan Keterampilan Sosial dan Komunikasi

Ketika anak-anak bermain, mereka tidak bermain sendirian, tetapi juga dengan teman-temannya. Bahkan, si kecil akan langsung akrab dengan teman-teman yang baru ia temui. Tak heran bila saat bermain di pasir, anak-anak lain akan mendekat untuk bermain bersama. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan komunikasi melalui interaksi mereka.

  1. Melatih Konsentrasi Si Kecil

Melatih konsentrasi si kecil dapat dilakukan dengan bermain pasir. Mulai dari si kecil yang berimajinasi dan bisa menggunakan pasir untuk membentuk sesuatu. Di setiap tahapan, mulai dari menyentuh, menambahkan air, hingga menumpuk pasir, tanpa sadar si kecil berkonsentrasi pada pekerjaannya hingga selesai.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Si kecil yang sering bermain di luar ruangan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada anak yang jarang bermain di luar ruangan. Sedikit kotoran akan membantu anak lebih kecil kemungkinannya untuk sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *