5 Tips Agar Si Kecil Mau Belajar

Jika di masa-masa awal pandemi si kecil hanya belajar di rumah melalui pembelajaran online, kini mereka sudah mulai belajar tatap muka di sekolah dan tetap mengikuti protokol yang berlaku. Aktivitas si kecil juga meningkat. Jika di awal pandemi si kecil bisa santai sebelum sekolah online dimulai, kemudian setelah sekolah online berakhir si kecil bisa santai kembali dan punya waktu lebih banyak untuk di rumah saja. Namun, sekarang si kecil harus bangun pagi untuk mandi dan pergi ke sekolah. Bahkan, beberapa anak yang rewel dan mengeluh lelah setelah mereka pulang dari sekolah.

Jika hal ini menjadi tantangan dalam mendidik anak, Moms tidak perlu khawatir, karena Kumapedia akan memberikan solusi bagi Moms yang menginginkan si kecil mengerjakan PR tanpa harus terbawa emosi. Yuk, simak lebih lanjut tipsnya, Moms.

  • Buat Jadwal Belajar

Anak-anak TK maupun SD biasanya kurang memperhatikan satu hal. Jika melakukan suatu kegiatan dalam waktu lama, mereka akan cepat bosan, sehingga mudah teralihkan oleh kegiatan lain.

15 menit setiap hari dianggap sebagai waktu yang ideal bagi si kecil untuk belajar. Dengan membuat jadwal belajar yang teratur akan mendidik si kecil menjadi cepat tanggap dalam belajar. Di samping itu, si kecil akan lebih fokus pada waktu yang ia miliki untuk belajar. Setelah belajar, Moms juga bisa membuat jadwal bermain agar si kecil tidak merasa bosan.

  • Matikan Akses Internet

Saat si kecil memasuki waktu belajar, mematikan akses internet di rumah menjadi pilihan yang bijak untuk mendisiplinkannya. Kemudian, beritahu bahwa si kecil boleh kembali mengakses internet setelah selesai belajar.

  • Temani Si Kecil Saat Belajar

Jika Moms hanya menyuruh si kecil untuk belajar dan berharap akan rajin belajar, lalu meninggalkannya sendirian, dia pasti tidak akan belajar. Justru si kecil akan bermain atau lebih memilih untuk tidur dibandingkan belajar.

Hal terbaik saat Moms menyuruh si kecil untuk belajar adalah dengan menemani dan mendampingi, karena si kecil akan lebih bersemangat jika Moms ada di sampingnya. Ini juga merupakan momen yang pas jika Moms memberikan kesempatan bagi si kecil untuk bertanya dan lebih aktif dalam belajar. Hal ini dapat merangsang rasa ingin tahu dan menjadi lebih antusias dalam belajar.

  • Biasakan Si Kecil Membaca

Moms, tanamkan kebiasaan membaca pada diri si kecil agar ia lebih tertarik untuk belajar. Tidak perlu membaca buku pelajaran, berikan buku bergambar agar lebih menarik. Dengan cara ini, si kecil dapat meningkatkan imajinasi dan membuatnya senang membaca.

Harapannya agar si kecil tidak hanya menyukai buku bergambar, tetapi juga buku pelajaran yang diberikan oleh guru sekolah.

  • Berilah Pujian

Salah satu cara untuk membuat si kecil rajin belajar adalah dengan memujinya saat ia belajar, meskipun si kecil tidak menjawab pertanyaan dengan benar. Tidak hanya ketika si kecil menjawab dengan benar, tetapi juga ketika si kecil mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan, tetapkan beri pujian untuknya. Dengan ini, diharapkan si kecil dapat termotivasi dan lebih percaya diri untuk tetap maju dan berkembang, sehingga tidak ada rasa malas dalam benaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer