5 Tips Traveling Bersama Bayi

Liburan memang selalu seru dan tentunya menyenangkan. Sangat cocok untuk orang tua baru yang ingin merasakan liburan bersama buah hati. Namun, perasaan cemas terkait bayi rewel pasti akan menghantui. Nah, Kumapedia akan memberikan 5 tips traveling bersama bayi yang bisa Mom dan Dad terapkan saat liburan. Yuk, simak baik-baik.

  • Pilih Transportasi Yang Nyaman

Bagi orang tua baru, tentu khawatir jika bayi akan rewel selama perjalanan. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, Mom dan Dad dapat memilih transportasi yang paling ideal untuk bayi.

Memulai dengan mobil probadi tentu saja yang paling fleksibel. Mom dapat mengatur waktu perjalanan dan istirahat yang cukup agar bayi tetap nyaman. Jangan lupa untuk memastikan bayi duduk di car seat yang terpasang dengan aman ke mobil dan kencangkan sabuk pengaman.

Selain itu, ada juga kereta api yang dianggap ideal karena memiliki ruang gerak yang lebih luas. Jika bayi berusia kurang dari  6 bulan, pilihlah jadwal yang sesuai dengan jam tidurnya untuk mengantisipasi bayi rewel dan Mom tidak perlu khawatir orang lain akan terganggu.

Ketika Mom memutuskan untuk bepergian dengan pesawat, Mom bisa mencari informasi ke pihak maskapai tentang fasilitas yang tersedia untuk bayi, seperti makanan bayi atau tempat mengganti popok. Selain itu, pilihlah tempat duduk di dekat toilet untuk memudahkan mengganti popok bayi. Saat pesawat lepas landas atau mendarat, Mom bisa menyusui bayi, memberinya makanan ringan atau menutupi telinga bayi dengan penutup telinga untuk menghindari sakit telinga akibat perubahan udara di pesawat.

  • Bawa Perlengkapan Portable

Seiring dengan berkembangnya zaman, perlengkapan bayi yang ramah dan mudah dibawa saat traveling sangat mudah ditemui, di antaranya

  • Stroller yang berukuran kabin yang mudah dilipat.
  • Car seat yang wajib dibawa saat bepergian dengan mobil, agar bayi dapat menggunakannya selama perjalanan.
  • Protector Pad atau perlak penting untuk mengganti popok bayi di toilet umum.
  • Termos untuk menyeduh susu ataupun makanan bayi dengan air panas.
  • Alat sterilisasi yang membantu Mom menjaga kebersihan mainan, peralatan makan, dan botol susu sebelum digunakan.
  • Nursing cover untuk Mom yang masih direct breastfeeding, sehingga lebih nyaman dan aman saat menyusui di mana saja.

  • Ciptakan Suasana Yang Nyaman Untuk Bayi

Cobalah untuk menciptakan suasana seperti di rumah dengan membawa selimut dan mainan favorit bayi untuk membuat bayi betah di tempat baru. Selain itu, usahakan untuk tetap menyusui seperti biasa, agar bayi tetap merasa aman dan nyaman, serta mengurangi kecemasan bayi saat berada di tempat asing.

  • Ajak Orang Lain Untuk Menjaga Bayi

Tentunya Mom akan merasa lelah saat traveling sendirian dengan bayi, apalagi jika bayi rewel selama perjalanan. Untuk menghindari kerepotan dan kelelahan saat Moms traveling dengan bayi, harap membawa suami, orang tua, kakak atau adik atau pengasuh agar Mom bisa bergantian menjaga bayi saat traveling.

  • Gunakan Diaper Bag Untuk Membawa Barang Yang Penting

Membawa perlengkapan selengkap mungkin adalah hal yang baik saat traveling bersama bayi. Namun, pastikan barang-barang tersebut benar-benar dibutuhkan saat liburan. Pisahkan pakaian bayi dengan pakaian anggota keluarga lainnya agar lebih higienis dan memudahkan Mom mencari perlengkapan bayi.

Hal ini juga dapat membuat lebih efisien untuk mengemas barang-barang ke dalam diaper bag. Terutama pilih diaper bag dengan banyak sekat untuk menyimpan semua perlengkapan bayi seperti tisu, baju ganti, protector padm botol susu, mainan hingga popok cadangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *