Bahas Cara Memperlancar ASI Untuk Ibu Baru Melahirkan

Seorang Moms yang baru melahirkan tentu perlu mengetahui bagaimana cara memperlancar ASI agar asupan baby selalu terpenuhi, karena baby yang baru lahir tentunya hanya bisa mengonsumsi ASI. Nah, mengetahui pentingnya ASI bagi baby, justru banyak Moms yang mengeluhkan ASI yang tidak lancar. 

Oleh karena itu, Kuma Kuma membahas tentang cara memperlancar ASI untuk ibu baru melahirkan. Yuk, simak baik-baik.

  • Pijat Laktasi

Pijat laktasi biasanya dilakukan untuk payudara hanya menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun yang akan berpengaruh untuk keluarnya ASI. 

  • Pijat Oksitosin

Pijat oksitosin yaitu pijat di bagian tulang belakang yang sangat berperan untuk merangsang hormon-hormon yang mendukung laktasi. Nah, pijat ini bisa dengan bantuan suami. Kabar baiknya, pijat ini bisa dilakukan mulai trimester 3 kehamilan loh, Moms!

  • Rajin Membersihkan Payudara Dengan Kompres Air Hangat

Moms, mengompres payudara menggunakan air hangat bisa mengurangi rasa nyeri akibat bengkak dan bisa memperlancar ASI loh. Hayoo, siapa disini yang baru tahu?

  • Menjaga Makanan

Demi kelancaran ASI hindari makanan yang mengandung gas dulu ya, seperti kol dan brokoli. Sebenarnya untuk ibu menyusui tidak ada pantangan, tetapi harus dijaga dan jangan makan sampai kelebihan batas. Oh iya, hindari kafein dan soda dulu nih, boleh sesekali tetapi tidak boleh sering ya. Walaupun kafein baik untuk jantung orang dewasa, tapi untuk baby malah membahayakan jantungnya. Jadi, tahan dulu ya, Moms, untuk minum kafeinnya. 

Untuk Moms yang gemar meminum air es, ini sebenarnya tidak akan berpengaruh ke baby menjadi pilek atau flu, tetapi memang ibu menyusui disarankan untuk minum air hangat atau air biasa saja nih. Hal ini menghindari Ibu yang flu dan bisa menularkan ke baby. 

  • Memakan Biji-bijian

Cara ini bisa dilakukan agar saat melahirkan asi langsung keluar loh, Moms. Bisa dengan cara menjaga makanan di trimester ketiga kehamilan, yaitu dengan memakan biji-bijian, seperti kacang almond dan kacang kedelai.

  • Memperbanyak Informasi Menyusui

Hal ini penting banget dilakukan oleh Moms, karena bisa menyebabkan afirmasi positif yang akan berpengaruh ke kelancaran menyusui loh. Jadi, Moms yang happy bisa memproduksi ASI yang melimpah loh.

  • Lingkungan Yang Suportif

Hal ini gak kalah penting, karena saat suami mendukung Moms, dapat mensugesti Moms bisa menyusui lebih lama. 

  • Pompa ASI

Hal ini biasa dilakukan sama Moms yang bekerja. Pompa ASI sebenarnya sama halnya dengan baby menyusu, karena berperan untuk memperbanyak produksi ASI. Semakin sering di pompa, maka semakin banyak ASI yang dihasilkan. Saat produksi ASI sedang sedikit, sebaiknya jangan menggunakan pompa yang electric, namun disarankan memakai pompa yang manual. Karena saat memakai pompa electric, hisapannya semakin kuat.

 

Referensi :

Ns. Richa Jannet (Perawat Ruang Ibu Nifas dan Bayi Baru Lahir). Bahas Cara Memperlancar ASI Untuk Ibu Baru Melahirkan https://www.instagram.com/p/CZMahpuJ6al/

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer