Bahaya Menyimpan Gadget di Saku Celana Bagi Pria!

Para pria dikenal sangat suka dengan gaya yang simple tetapi tetap stylist, oleh karena itu tidak banyak pria yang suka membawa tas untuk menyimpan barang bawaannya. Mereka cenderung lebih suka memanfaatkan saku dari pakaian mereka baik baju atau celana yang mereka gunakan supaya terlihat tidak ‘ribet’. Banyak dari pria juga lebih suka menitipkan barang bawaan mereka seperti gadget dan dompet kepada pasangannya atau kerabat merek yang membawa tas, dengan alasan ‘males ribet’. 

Namun cara mereka untuk meminimalisir ‘ribet’ yang mereka kira akan mempermudah hidup mereka, tetapi malah sangat berbahaya bagi diri mereka sendiri. Terutama jika mereka sering sekali menaruh gadget milik mereka di saku celana atau saku baju mereka.

Ada sebuah penelitian di Afrika Selatan menunjukkan bahaya gadget di saku celana yang dapat menyebabkan paparan ponsel yang terlalu lama dekat dengan alat kelamin pria, yang ternyata mengurangi jumlah sel sperma pada pria dan kemampuan mereka untuk berenang lebih lambat. Ini ada hubungannya dengan frekuensi elektromagnetik yang dipancarkan oleh telepon. Baik sel manusia maupun ponsel memancarkan frekuensi elektromagnetik, dan radiasi frekuensi tinggi diserap oleh tubuh ke dalam jaringan, sehingga meningkatkan pergerakan molekul di dalam sel tubuh. Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan mengganggu kesuburan pria, sehingga sulit atau tidak mungkin bagi mereka untuk menjadi subur di kemudian hari.

Studi lain juga mencatat bahwa menyimpan ponsel di saku celana meningkatkan suhu di sekitar testis, yang dapat menyebabkan kemandulan. Menurut para peneliti, untuk menghasilkan sperma berkualitas tinggi, suhu testis yang ideal adalah 3°C di bawah suhu tubuh normal. Jadi, jika suhu tubuh normal Anda sekitar 35 derajat Celcius, usahakan agar suhu di sekitar testis Anda sekitar 32 derajat Celcius.

Penelitian tentang efek radiasi ponsel pada sel sperma juga telah diuji coba pada tikus laboratorium. Hasilnya sangat mengkhawatirkan. Ternyata, setelah berada di dekat ponsel selama 6 jam sehari selama 18 minggu, para peneliti menemukan bahwa jumlah sperma hidup turun dari yang sebelumnya 70% menjadi 25% dari angka tersebut. Lebih buruk lagi, sperma tikus-tikus ini saling menempel, sehingga sulit untuk membuahi sel telur nantinya.

Menurut Joel Moskovitz, direktur Pusat Keluarga dan Komunitas di Universitas California, Berkeley, pria yang masih dalam usia reproduksi harus memperhatikan penelitian ini. Karena meski masih dalam perdebatan, radiasi ponsel telah masuk dalam daftar zat yang diduga memiliki sifat karsinogenik 2B atau mungkin karsinogenik dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Selain menaruh gadget dibagian saku beberapa hal yang dapat meningkatkan suhu di sekitar testis adalah sebagai berikut;

  1. Menggunakan celana yang ketat 

  2. Mandi air hangat

  3. Sauna

  4. Bekerja di lingkungan dengan suhu yang panas

  5. Terlalu lam amenyetir mobil

Sudah tau bahaya dari menaruh gadget di saku kan, sekarang apa masih mau mengutamakan ‘biar ngga ribet’ tapi memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer