Ide Olahraga yang Aman Dilakukan Ibu Hamil, Agar Tetap Aktif

Hamil bukanlah alasan untuk Anda berhenti atau tidak olahraga sama sekali. Ibu hamil justru sangat disarankan tetap aktif berolahraga selama kehamilan demi menjaga kebugaran tubuh dan mendukung kesehatan janin. Selain itu, olahraga yang dilakukan ibu hamil juga bermanfaat membantu proses pemulihan setelah operasi caesar. Pastikan Moms memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum memulai rutinitas latihan apapun untuk memastikan kegiatan yang dipilih aman. Meski disarankan berolahraga, tidak semua jenis olahraga bisa dan boleh dilakukan untuk ibu hamil. Ada sebagian yang aman dan sebagian lainnya justru tidak. nah , ini dia beberapa olahraga yang aman untuk dilakukan oleh ibu hamil agar tetap aktif 

  • Senam Hamil

Senam hamil merupakan salah satu olahraga yang aman dilakukan di setiap usia kehamilan. Senam dapat membantu meningkatkan stamina, kekuatan, dan kelenturan tubuh ibu hamil. 

Senam hamil menjadi salah satu olahraga untuk para calon ibu yang bisa dilakukan di rumah melalui video yang bisa didapatkan di Youtube. Namun, bagi ibu yang baru saja mulai olahraga, sebaiknya ikuti kelas senam hamil di studio yang dipandu instruktur handal. Pasalnya, hal itu bisa memperkecil risiko cedera yang mungkin terjadi saat berolahraga sendiri tanpa pengawasan.

Selain itu, mengikuti kelas olahraga saat hamil membuat Anda bisa berinteraksi dengan para ibu hamil lainnya guna memperkaya pengetahuan dan informasi berguna seputar kehamilan.

  • Yoga 

Yoga direkomendasikan sebagai olahraga untuk ibu hamil. Pasalnya, olahraga ini melatih kelancaran pernapasan, kelenturan tubuh, dan mempersiapkan pinggul untuk proses melahirkan. Selain itu, prenatal yoga juga membantu meningkatkan keseimbangan tubuh dan mengurangi sakit pinggang pada ibu hamil.

Ditambah lagi, yoga juga dapat membantu membuat rileks pikiran sehingga melatih diri lebih mudah beristirahat. Tak heran jika yoga menjadi olahraga untuk ibu hamil yang disukai banyak perempuan, baik saat hamil muda maupun hamil tua mendekati persalinan.

  • Pilates  

Pilates bermanfaat membantu keseimbangan tubuh, memperkuat otot-otot (termasuk otot dasar panggul untuk melahirkan), serta memperbaiki postur tubuh. Nantinya, instruktur pilates akan membimbing Anda melakukan beberapa postur tubuh yang baik dilakukan saat hamil. Pilates juga dapat mengajarkan Anda teknik pernapasan yang baik untuk melancarkan peredaran darah serta bagaimana cara melakukan relaksasi yang benar.

  • Berenang 

Berenang saat hamil adalah pilihan olahraga yang tepat jika Anda tidak mau berkeringat. Olahraga di air juga terasa lebih mudah dilakukan karena massa tubuh berkurang di dalam air. Dengan demikian, ibu hamil tidak merasa lebih cepat lelah karena terlalu banyak bergerak sambil menopang berat badan. Olahraga untuk ibu hamil muda dan mendekati kelahiran ini juga dapat membantu meringankan mual, nyeri panggul, dan mengatasi bengkak pada pergelangan kaki. Melansir dari Baby Centre, berenang juga baik untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Namun, perhatikan gaya renang yang boleh dilakukan saat hamil. Gaya dada dan gaya punggung termasuk yang aman karena tidak memerlukan gerakan memutar badan yang bisa berisiko pada kehamilan Anda.

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer