Imunisasi Rutin Sangat Penting Bagi Anak, Kenapa?

Data dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menunjukkan sejak 2014-2016, terhitung sekitar 1,7 juta anak belum mendapatkan imunisasi atau belum lengkap status imunisasinya.

Imunitas berasal dari kata “immunity” yang berarti daya tahan atau kekebalan. Imunisasi adalah proses memasukkan antibodi ke dalam tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit. Kekebalan terhadap penyakit hanya menciptakan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan beberapa jenis imunisasi untuk menghindari penyakit lain.
Imunisasi biasanya lebih difokuskan pada anak-anak karena daya tahan tubuh mereka masih belum sebaik orang dewasa. Selain meningkatkan kekebalan, kekebalan ini dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tujuan Imunisasi

Ketika anak sudah mendapatkan imunisasi, tubuh akan lebih mampu menghadapi dan mengalahkan infeksi penyakit. Dan saat sejumlah orang dalam suatu kelompok telah kebal terhadap penyakit, akan semakin sulit bagi penyakit itu untuk menyebar dan menular kepada orang yang belum diimunisasi. Hal ini yang disebut sebagai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengubah konsep imunisasi dasar lengkap menjadi imunisasi rutin lengkap. Imunisasi rutin lengkap itu terdiri dari imunisasi dasar dan lanjutan. Imunisasi dasar saja tidak cukup, diperlukan imunisasi lanjutan untuk mempertahankan tingkat kekebalan yang optimal.

Simak Jadwal dan Jenis Imunisasi anak usia 0-18 Tahun

Imunisasi merupakan bagian yang penting dalam tahap kehidupan seorang anak karena berfungsi untuk mencegah terkena penyakit infeksi. Oleh karena itu, sangat penting bagi orangtua dan petugas kesehatan untuk memastikan seorang anak mengikuti jadwal imunisasi yang telah ditentukan.

Jika ada imunisasi yang belum diberikan sesuai jadwal yang seharusnya, atau imunisasi tertunda,imunisasi harus secepatnya diberikan atau dikejar. Imunisasi kejar merupakan tindakan vaksinasi terhadap orang yang belum menerima dosis vaksin tertentu atau terlewat dari jadwal imunisasi nasional padahal orang itu sebenarnya telah memenuhi syarat untuk menerima vaksin.

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer