Manfaat Konsumsi Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil, Gak Cuma Bikin Bayi Cerdas Loh Moms!

Minyak ikan untuk ibu hamil dipercaya memiliki berbagai manfaat penting untuk kesehatan Ibu dan janin dalam kandungan. Minyak ikan umumnya mengandung asam lemak omega 3 (ALA) yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak dan mata bayi. 

Omega 3 (ALA) terbagi ke dalam beberapa jenis, DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic) merupakan jenis omega 3 (ALA) yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan EPA dan DHA yang ada di dalam minyak ikan ternyata tak hanya penting untuk otak bayi sejak dalam kandungan hingga masa menyusui. Ini karena minyak ikan untuk ibu hamil juga berperan penting untuk mencegah beberapa komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi, misalnya risiko preeklamsia.

Jadi, apasih manfaat minyak ikan untuk ibu dan janin?

  • Mendukung perkembangan otak janin 

Melansir laman resmi American Pregnancy Association, asam lemak omega 3 (ALA) memiliki 2 jenis kandungan yang bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi, di antaranya DHA dan EPA.

DHA berperan untuk perkembangan otak, mata, dan sistem saraf pusat janin agar berfungsi secara normal. Sedangkan, EPA berperan untuk mencegah peradangan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan jantung. Nah, kedua jenis asam lemak omega 3 (ALA) tersebut terkandung dalam minyak ikan untuk ibu hamil.

  • Membantu keseimbangan Hormon

Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu membantu keseimbangan hormon selama masa kehamilan. Asam lemak omega 3 (ALA) yang terkandung di dalam minyak ikan untuk ibu hamil bermanfaat untuk menjaga keseimbangan zat prostaglandin.
Prostaglandin adalah zat mirip hormon yang memiliki beberapa tugas, di antaranya untuk mengatur produksi hormon, tekanan darah, pembekuan darah, fungsi saraf, dan fungsi ginjal.
Ketidakseimbangan prostaglandin selama kehamilan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit lho, Bu. Namun, Ibu tidak perlu khawatir ya, karena kondisi tersebut bisa dicegah atau dikurangi dengan mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil secara rutin, tentunya dengan porsi yang tepat dan tidak berlebihan. 

  • Menjaga kesehatan Jantung

Minyak ikan untuk ibu hamil juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung lho, Bu. Penelitian yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa peran minyak ikan untuk ibu hamil dapat menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah dengan lebih baik. Manfaat minyak ikan untuk ibu hamil ini berkaitan juga dengan perannya dapat membantu mengurangi risiko hipertensi yang umum dialami oleh sebagian ibu hamil. 

  • Meningkatkan kesehatan mata 

Satu lagi manfaat minyak ikan untuk ibu hamil yang tak kalah penting yaitu membantu meningkatkan kesehatan mata dengan baik. Sebab, retina mata memerlukan asam lemak dalam jumlah yang cukup agar dapat berfungsi dengan lebih optimal.

Meski demikian, minyak ikan untuk ibu hamil bukan satu-satunya nutrisi untuk kesehatan mata ya, Bu. Ibu hamil juga tetap harus mengonsumsi nutrisi penting lainnya, seperti protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, serta berbagai vitamin dan mineral untuk mencegah risiko penyakit mata. 

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, sebenarnya minyak ikan untuk ibu hamil juga berperan penting untuk membantu menjaga kepadatan tulang, mencegah munculnya gangguan tidur, meningkatkan berat badan janin, mengurangi risiko cerebral palsy, dan depresi postpartum loh Moms!

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer