Mau Tips Seputar Kelancaran Melahirkan Pervaginam?

Persalinan pervaginam merupakan persalinan normal dan tergantung dari kondisi fisik yang dialami oleh Moms. Jika Moms ingin melahirkan pervaginam, maka kondisi fisik Moms harus didukung, yaitu

  1. Tekanan darah harus normal. Tidak bisa untuk Moms yang tekanan darahnya di atas 140.
  2. Ukuran panggul tidak sempit, jadi bisa dilalui oleh bayi. Biasanya Moms dengan tinggi badan kurang dari 150 cm memiliki panggul yang sempit, namun jika berat bayi kurang dari 2500 gram, persalinan pervaginam tetap dapat dilakukan. Karena ukuran panggul tidak bisa berubah, sudah menjadi bawaan.

Untuk Moms yang anak pertamanya lahir melalui operasi caesar, maka untuk kelahiran anak kedua bisa melahirkan secara pervaginam loh, Moms. Namun, ada beberapa syaratnya, yaitu minimal 2 tahun dari operasi caesar dilakukan. Kedua, dengan mengukur tekanan darah Moms untuk mengetahui apakah tekanan darahnya normal atau tinggi sebelum proses persalinan. Ketiga, ukuran panggul yang besar, sehingga bisa dilalui bayi. Keempat, menjelang persalinan, Moms akan mengalami pembukaan, biasanya untuk anak kedua itu jarak dari pembukaan pertama ke pembukaan 10 adalah 10 jam. Jadi, jarak antar pembukaan adalah 1 jam. Jika pembukaan dan kontraksinya bagus, maka pervaginam dapat dilakukan. Dianjurkan saat melahirkan pervaginam, tidak mengangkat panggul. Karena akan menyebabkan perineum robek.

Upaya yang dilakukan saat akan menjalani persalinan pervaginam, yaitu dengan ditemani oleh suami atau orang tua. Hal ini penting dilakukan karena akan mendorong kondisi fisik ibu yang bagus. Persalinan pervaginam membutuhkan semangat juang terutama saat mengejan, sehingga dukungan dari suami atau orang tua sangat berpengaruh terhadap semangat Moms dalam proses persalinan.

 

Referensi :

Yarica Eryana, Am.Keb,SKM (Bidan & Tenaga Kesmas Puskesmas). Mau Tips Seputar Kelancaran Melahirkan Pervaginam? https://www.instagram.com/p/CbaCBaZpMHd/

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer