Mengasah Kreativitas Anak Lewat Permainan

Hai, Moms! Moms, percaya ngga sih kreativitas anak bisa diasah lewat permainan? Mendengar kata permainan, si kecil pasti merasa sangat tertarik bukan? Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan pengetahuan dan kreatifitas anak. Apa saja ya caranya? Yuk, simak baik-baik ya, Moms.

  1. Menyusun Balok

Saat si kecil bermain balok, ia akan mengasah kreativitasnya dan menyusun balok-balok tersebut menjadi berbagai bentuk, seperti rumah, mobil hingga istana. Jika Moms ingin memperkenalkan angka, warna, dan bentuk kepada si kecil, maka menyusun balok adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kegiatan ini juga membantu menumbuhkan perkembangan komunikasi, aktivitas fisik, dan keterampilan motorik halus.

 

  1. Menggunting dan Menempel

Moms ajaklah si kecil menggunting kertas dengan memberikan beberapa kertas bergambar atau majalah bekas, dapat mengembangkan keterampilan motorik halus anak, loh. Bebaskan si kecil berkreasi melalui kertas-kertas tersebut. Dengan cara menggunting gambar yang ia sukai dan menempelkannya pada kertas ataupun kartu, kemudian pajang di meja ataupun kulkas sebagai bentuk apresiasi atas karyanya.

 

  1. Menghabiskan Waktu di Alam

Alam selalu menyediakan hal-hal yang indah dan menarik. Ketika si kecil beraktivitas di alam, ia akan menemukan hal-hal baru untuk mengasah kreativitasnya dan mengeksplorasi rasa keingintahuannya dengan bebas. Moms bisa mengajak untuk memberikan makan ikan di kolam, bermain di sungai, hingga mengumpulkan dedaunan yang berguguran dengan berbagai bentuk untuk belajar berhitung dan membedakan bentuk.

 

  1. Menggambar dan Mewarnai

Moms, jangan remehkan kegiatan menggambar dan mewarnai bagi si kecil ya! Sebab, kegiatan ini sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi si kecil, loh. Mulailah melatih kreativitas anak, dan si kecil akan membuat berbagai gambar berdasarkan imajinasinya. Ini juga merupakan media untuk mengekspresikan perasaan si kecil, seperti kebahagiaan, kesedihan, dll. Kemudian, membantu untuk mengidentifikasi perbedaan warna anatara satu warna dan warna lainnya. Selain itu juga dapat melatih stimulasi otak kiri dan kanan secara seimbang. Terakhir, kegiataan ini bisa melatih kesabaran, ketelitian, dan kehati-hatian saat mewarnai gambar agar warna tidak keluar batas.

 

  1. Bermain Peran

Anak-anak suka mengasah kreativitas mereka dengan bermain peran menggunakan kostum dan aksesoris mereka sendiri. Bahkan tidak jarang, si kecil memiliki imajinasi yang luar biasa. Dukung kegiatan ini dan biarkan si kecil terbiasa berimajinasi dengan ide-ide yang dimiliki dan tetap dalam pengawasan.

 

  1. Bermain Alat Musik

Moms, memainkan alat musik adalah salah satu hal yang harus dilakukan si kecil, karena memiliki banyak manfaat untuknya, loh. Pasalnya, memainkan alat musik akan membuat si kecil lebih pintar, karena dapat mempengaruhi usia membaca anak, IQ, dan perkembangan bagian otak tertentu. Memainkan alat musik dapat menghilangkan setres dengan mendengarkan music yang lembut dan menenangkan. Saat si kecil belajar tampil di depan umum dengan memainkan alat musik, dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri.

 

  1. Bernyanyi dan Menari

Sebagian besar anak senang untuk tampil, termasuk menyanyikan berbagai lagu anak-anak hingga musik popular. Nyalakan lagu favoritnya kemudian menari bersama si kecil merupakan cara seru untuk melatih kreativitasnya dan bebaskan ia mengekspresikan dirinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *