Nafsu Makan Anak Gak Stabil? Yuk, Intip 5 Tips ini!

 

Menghadapi anak yang memiliki nafsu makan kurang tak jarang membuat para orangtua bingung. Terdapat rasa khawatir yang tinggi bagi orang tua jika hal ini terjadi terus-menerus, terlebih di usia pertumbuhan anak yang membutuhkan nutrisi lengkap. Pada dasarnya kebutuhan kalori anak juga berbeda-beda, tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari.

Rata-rata kalori yang dibutuhkan anak Usia 7-11 bulan: 725 Kkal per hari. Usia 1-3 tahun: 1125 Kkal per hari. Usia 4-6 tahun: 1600 Kkal per hari. Usia 7-9 tahun: 1850 Kkal per hari. Apabila kebutuhan kalori harian tidak terpenuhi dengan cukup, maka pertumbuhan dan perkembangan dikhawatirkan kurang optimal. Untuk itu sebaiknya Moms simak dulu ulasan di bawah ini supaya gak khawatir lagi soal nafsu makan anak yang tak menentu.

      1. Hindari Tindakan yang Terkesan Memaksa 

Tindakan orang tua yang memaksa anaknya makan karena  sedang merasa khawatir justru dapat membuat anak beranggapan bahwa makan adalah bukan hal yang menyenangkan melainkan hal yang menyebalkan. Hal ini dapat membuat anak kurang sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari dan semakin membuat anak tidak nafsu makan.

      2. Bagi dalam porsi kecil.

Ketika anak tidak memiliki nafsu makan, sebaiknya gunakanlah tempat makan yang kecil dan berikan porsi sedikit-sedikit saja. Moms bisa mencoba juga dengan meningkatkan frekuensi makan menjadi 4-6 kali dalam sehari dengan porsi lebih sedikit. Cara menambah nafsu makan pada anak yang satu ini juga cocok diterapkan pada mereka yang mudah bosan saat makan. Jika porsi diperkecil anak akan merasa tidak cepat bosan saat makan karna merasa makanan yang ia makan sudah berbeda dengan yang sebelumnya.

     3. Terapkan jadwal makan yang rutin setiap harinya.

Menerapkan jadwal makan yang rutin dan konsisten kepada anak juga bisa mendorong nafsu makan mereka loh moms. Suatu hal yang dilakukan secara rutin di waktu yang sama akan membentuk kebiasaan pada anak sehingga ia akan merasa terbiasa dengan makan dan rasa lapar juga biasanya datang tepat waktu jika sudah memiliki jadwal makan yang konsisten. Dari sanalah ia akan lebih mudah menyantap makanan yang Anda sajikan tanpa harus dipaksa. 

     4. Ciptakan kreasi makanan unik dan baru.

Penyebab anak susah makan paling sering ditemui adalah mereka merasa bosan dengan menu atau penampilan dari makanan yang disajikan. Moms bisa meminimalisir hal tersebut dengan coba membuat menu yang unik baik dari segi penampilan maupun rasa. Sehingga anak akan merasa antusias jika jam makan tiba. Lagi pula, semakin bervariasi bahan makanan yang Anda gunakan, maka semakin bernutrisi makanan anak.Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik, misalnya menghias makanan atau menyusun lauk dengan tatanan yang rapih dan menarik.

     5. Sediakan si kecil camilan sehat nan lezat.

Jika cara tersebut masih belum mampu membuat nafsu makan si kecil bertambah. Moms bisa coba dengan cara ini yaitu menyediakan camilan yang sehat dan lezat di rumah. Moms bisa membuatnya sendiri juga loh dirumah untukmemastika nutrisi dan kandungan camilan tersebut baik bagi si kecil. Sebagai contoh, berikan camilan sehat untuk anak berupa puding buah atau ice cream yang berbahan dasar buah, atau kreasi buah dan sayur lainnya. 

 

Referensi :

Dix, M. Healthline (2018). Supplements, Medications, and Lifestyle Changes to Help Stimulate Appetite.

Mawer, R. Healthline (2016). Ghrelin: The “Hunger Hormone” Explained.

Alodokter – 8 Cara Menambah Nafsu Makan Anak

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer