Ragu Mau Ajak Baby Berenang? 5 Manfaat Ini Bikin Moms Tak Perlu Ragu Lagi!

Moms, berenang tidak hanya bisa menjadi kegiatan rekreasi di waktu senggang, tetapi juga berdampak baik bagi tumbuh kembang baby loh, Moms. Apakah Moms tertarik untuk mendaftarkan baby di kelas renang khusus bayi?

Menghindari rasa takut akan air menjadi salah satu manfaat terpenting dari berenang untuk baby. Banyak baby yang bahkan di atas 12 bulan, masih takut jika diajak ke kolam renang atau main di pantai. Jadi alangkah baiknya, jika Moms mulai memperkenalkan baby ke tempat-tempat serupa.

Namun, saat usia berapa baby dapat mulai berenang? Tindakan pencegahan apa yang harus disiapkan sebelum mengajak baby berenang? Lalu, adakah manfaat lain dari mengajak berenang bagi tumbuh kembang baby? Yuk, simak baik-baik, Moms.

 Di usia berapa baby boleh berenang?

Usut punya usut, bayi memiliki kemampuan berenang sejak lahir loh, Moms. Pernyataan itu berdasarkan fakta bahwa ia menghabiskan 9 bulan di dalam rahim yang berisi cairan ketuban. Menurut dokter spesialis anak bernama Jeffrey Wagener, baby baru lahir hingga usia 6 bulan memiliki refleks bradycardic response yang menyebabkan baby secara otomatis menahan napas dan membuka mata ketika ditempatkan di air. Refleks ini juga seketika membuat baby menggerakkan tangan dan kakinya seperti orang berenang.

Sayangnya, momen refleks bradycardic response tidak berlangsung lama pada baby, tetapi hanya sebentar. Di samping itu, baby juga belum tahun cara berenang yang benar, seperti menahan nafas di dalam air. Ditambah ia tidak cukup kuat untuk mengangkat kepalanya di atas air, sehingga risiko tenggelam sangat tinggi.

Oleh karena itu, usia yang paling tepat bagi baby untuk mulai berenang adalah usia 6 bulan. Karena pada tahap ini, baby sudah mulai bisa menopang sebagian berat tubuhnya, seperti duduk tegak dan menopang kepalanya saat digendong.

Lantas, apa yang harus Moms perhatikan sebelum berenang bersama baby?

Selain usia, ada beberapa faktor yang perlu Moms perhatikan sebelum mengajak baby berenang. 

  1. Kolam Renang Khusus Baby

Pertama, pastikan kolam tujuan Moms berenang adalah kolam renang khusus baby. Mengapa? Karena kolam renang tersebut sudah didesain untuk ramah baby.

  1. Suhu Air

Hal selanjutnya, Moms wajib memperhatikan kedalaman kolam dan uji suhu air kolam. Pada usia tersebut, sistem pengaturan suhu baby belum sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya Moms memilih air kolam dengan suhu sedang untuk menjaga kesehatannya sekitar 32 derajat celcius.

  1. Memakai Perlengkapan Renang

Karena kulitnya masih sangat sensitif, Moms harus memakaikan baby baju renang di kolam renang untuk melindungi baby dari kaporit yang dapat mengeringkan kulit. Beli baju renang yang sesuai dengan tubuh baby dan bahan berkualitas tinggi, seperti spandex dan lycra.

Kuma menyarankan Moms untuk memakaikan baby popok anti air yang tidak menggembung ketika digunakan renang. Popok khusus berenang ini juga dapat menampung pipis dan poop si kecil.

Bagaimana dengan pelampung bayi? Keselamatan baby adalah prioritas nomor 1 bagi orang tua. Oleh karena itu, Moms memakaikan pelampung bayi saat baby berenang. Salah satu 

  1. Durasi Berenang

Hal ini tidak boleh diremehkan oleh Moms. Tidak seperti orang dewasa yang bisa berada di air hingga 1 jam, baby hanya boleh berenang selama 20-25 menit. Tujuannya adalah menghindari risiko hipotermia.

  1. Memakai Sunblock Khusus Bayi

Selain Moms yang memakai sunblock saat berenang, baby juga membutuhkan lotion pelindung untuk mencegah kanker kulit loh, Moms.

  1. Menyiapkan Handuk

Handuk Microfiber adalah handuk berkualitas tinggi dengan terbuat dari bahan 100% microfiber dengan pilihan motif lucu yang beragam, yang mampu menyerap air dengan sangat cepat dan tidak menimbulkan alergi di kulit anak. Ukuran handuk microfiber ini adalah 140cm x 70cm, yang bisa digunakan oleh orang dewasa sekalipun dan sudah terjual lebih dari 500.000 pcs ke seluruh Indonesia.

Apakah manfaat berenang untuk bayi?

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu manfaat berenang untuk baby adalah menghilangkan rasa takut akan air. Nah, ternyata ada beberapa manfaat lain loh, Moms. Yuk simak lagi.

  1. Memberi dampak baik bagi perkembangan fisik dan mental

Griffith University telah melakukan penelitian selama 4 tahun dengan subjek 7.000 anak dan menghasilkan penemuan bahwa anak-anak yang berenang sejak dini mengalami perkembangan fisik dan mental lebih baik dibandingkan anak-anak lain sebaya yang tidak berenang.

  1. Melatih fungsi otot

Renang mampu merangsang fisik si kecil untuk lebih aktif bergerak. Mulailah dengan gerakan kecil pada kaki dan tangan. Hal tersebut sekaligus bisa menjadi peregangan bagi tubuh serta memperkuat otot jantung dan paru-parunya.

Selain itu, keseimbangan tubuh pun akan meningkat. Karena saat berada di dalam air, fokus utama si kecil adalah bagaimana ia bisa menyeimbangkan dirinya sendiri. Sehingga bayi yang telah terbiasa berenang akan memiliki keseimbangan yang baik ketika belajar berjalan.

  1. Meningkatkan keterampilan motorik

Sebuah studi oleh Sigmundsson dan Hopkins (2009) menunjukkan bahwa anak usia empat tahun yang mulai berenang sejak dini memiliki koordinasi mata dan tangan yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak berenang sejak usia dini.

  1. Meningkatkan fungsi kognitif

Gerakan lintas pola bilateral tercipta ketika buah hati berenang. Dimana ia menggunakan kedua sisi tubuhnya dalam melakukan suatu tindakan yang efeknya ialah menjadikan otak bayi berkembang lebih baik.

Gerakan ini mampu membangun neuron di otak khususnya corpus callosum. Corpus callosum ialah bagian otak yang memfasilitasi komunikasi, umpan balik, dan modulasi dari satu sisi otak ke sisi lainnya.

Dalam artian lain, manfaat berenang untuk bayi yakni membantu si kecil meningkatkan kemampuan membaca, hal akademik, berbahasa, dan kesadaran spasial.

  1. Mempererat hubungan Mom dan bayi

Telah Dijelaskan secara singkat apabila Mom hanya perlu mendekap atau memeluk buah hati Anda ketika mengajaknya berenang. Posisi inilah yang membuat hubungan antara ibu dan anak semakin erat. Pasalnya, bayi akan merasa lebih aman, nyaman, dan terlindungi.

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer