Rekomendasi Jenis Olahraga yang Dapat dilakukan saat Puasa

Secara umum, puasa membutuhkan waktu kurang lebih 13 jam dari mulai terbit hingga tenggelamnya matahari. Tanpa adanya asupan makanan dan minuman, tentu tubuh akan merasa kekurangan energi untuk beraktivitas, seperti olahraga. Lantas, bolehkah olahraga saat puasa?

Pada dasarnya, puasa bukanlah penghalang untuk berolahraga. Justru olahraga saat puasa dapat membantu tubuh tetap bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat. Mari ketahui waktu yang pas serta jenis olahraga yang disarankan saat berpuasa.

  • Yoga 

Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks. Tidak hanya itu, manfaat yoga lainnya adalah membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

  • Jalan Santai 

Jenis olahraga saat puasa yang direkomendasikan berikutnya adalah jalan santai. Aktivitas fisik ini termasuk ringan, sehingga tidak akan membuang banyak energi ataupun menyebabkan keringat berlebihan. Rutin melakukan jalan santai bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian jantung, tulang, dan otot.

  • Pilates 

Selain yoga, pilates juga bisa menjadi alternatif olahraga ringan selama berpuasa. Jenis olahraga ini dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing orang. Pilates bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh, mengatasi stres, serta meningkatkan kekuatan otot.

  • Bersepeda 

Bersepeda saat puasa bisa dilakukan dengan jarak dekat, sehingga tidak begitu melelahkan. Selain membantu membakar lemak dan kalori, olahraga ini juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengencangkan otot. Bersepeda santai saat sore hari menjelang berbuka juga bisa membuat pikiran lebih tenang sehingga rasa stres bisa mereda.

  • Joging 

Jika Anda memiliki energi lebih, cobalah melakukan jogging dengan intensitas ringan. Anda dapat melakukannya di pagi hari (saat masih banyak energi tersimpan) atau sore hari (menghabiskan sisa tenaga menjelang berbuka). Lakukan jogging selama 30 menit, namun segera berhenti jika Anda merasa lelah.

  • Tai-Chi

Tai chi juga termasuk salah satu jenis olahraga saat puasa yang dapat Anda coba. Olahraga ini memiliki intensitas ringan, sehingga tidak mudah menyebabkan haus. Anda bisa melakukannya sebelum sahur atau pagi hari sebelum beraktivitas. Beberapa manfaat melakukan tai chi adalah meningkatkan kestabilan otot, fungsi kognitif, dan fleksibilitas tubuh.

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer