Tahapan Perkembangan Motorik Si Kecil di Usia Toddler

Keterampilan motorik halus si kecil merupakan aktivitas untuk mengontrol gerakan benda-benda dengan berbagai bentuk dan ukuran dengan menggunakan otot-otot kecil seperti otot-otot tangan serta jari si kecil untuk . Si kecil akan menggunakan keterampilan motorik halus seperti mencubit benda kecil dengan ibu jari dan telunjuk atau jari lainnya, bisa juga si kecil dapat merasakan berbagai rasa makanan dengan mulutnya.

Saat lahir, otak si kecil belum cukup tumbuh untuk mengontrol gerakan tangan dan jari. Perkembangan ini terjadi dari waktu ke waktu. Secara umum, perkembangan diawali dari kepala dan kemudian secara bertahap berkembang ke bagian tubuh lainnya. Ini berarti seiring berjalannya waktu, si kecil akan terlebih dahulu mengontrol wajah, mulut, bibir, lidah, dan setelah itu otot-otot di bagian tubuh lainnya.

Perkembangan motorik anak usia toddler umumnya mulai berkembang seiring dengan semakin stabilnya tubuh anak dalam hal perkembangan motorik dan kognitif, serta sosialnya. Hal-hal tersebut merupakan bagian penting dari perkembangan gerak si kecil, sebab si kecil perlu belajar menggunakan tangannya untuk mengontrol objek dengan baik dan memperoleh kemandirian, seperti makan dan mengenakan pakaian.

Bila Moms memperhatikan bahwa si kecil mencoba melakukan sesuatu sendiri, dorong si kecil dengan perkataan positif dan tunjukkan padanya berbagai cara untuk menggapai tujuannya, tetapi biarkan si kecil mencoba melakukannya sendiri.

  • Usia 1 Tahun

Saat si kecil berusia 1 tahun, ia akan mulai mengontrol jari-jari mungil dan otot tangannya lebih baik dari sebelumnya. Rasa ingin tahu si kecil akan membuatnya lebih antusias untuk memahami dunia di sekitarnya. Tumpukan balok juga merupakan permainan favorit di usia toddler, terutama bagian di mana si kecil dapat meruntuhkan menara yang dibangun bersama.

Aktivitas yang membantu meningkatkan keterampilan motorik halus untuk si kecil yang berusia 1 tahun, meliputi :

  • Ajak si kecil mengisi dan mengosongkan wadah dengan benda-benda berbagai bentuk dan ukuran.
  • Duduklah di seberang si kecil dan ajak ia untuk melempar bola ke arah Moms.
  • Saat Moms menyebutkan nama bagian tubuh, mintalah si kecil untuk menunjukkan bagian tubuh yang dimaksud.
  • Mengisi lubang kecil dengan benang itu menantang dan seharusnya membuat si kecil sibuk untuk sementara waktu!
  • Mainkan permainan “cilukba” dengannya dan ajak si kecil untuk meniru tindakan Moms.
  • Sembunyikan mainan favorit di balik bantal atau di bawah selimut benteng dan biarkan si kecil berjalan ke arahnya. Perhatikan baik-baik terutama di sekitar bantal.

 

  • Usia 2 Tahun

Pada usia ini, si kecil lebih bisa menggerakkan jarinya secara mandiri dan menggunakannya untuk menyelesaikan tugas yang lebih kompleks, seperti memegang peralatan makan seperti orang dewasa, memotong dengan gunting yang aman untuk si kecil, dan membuat gambar yang lebih kompleks dan presisi. Berdasarkan apa yang dipelajari di usia 1 tahun dan Moms akan melihat bahwa si kecil sekarang lebih mandiri dalam aktivitas dan akan secara aktif mencoba lebih banyak tugas dan aktivitasnya sendiri. Hal ini menandakan adanya perkembangan yang dialami si kecil.

Kegiatan yang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus untuk si kecil yang berusia 2 tahun, meliputi :

  • Ajak si kecil untuk membangun istana menggunakan lima atau lebih balok.
  • Letakkan makanan kecil seperti kacang polong atau jagung di piring dan biarkan si kecil memakannya dengan garpu. Ini akan membantunya menguasai koordinasi mata dan tangan.
  • Memasukkan beberapa benda ke dalam air dan mintalah si kecil untuk menangkapnya dengan jaring. Moms juga dapat menggunakan saringan jika tidak memiliki jaring.
  • Libatkan si kecil dalam membereskan mainan setelah bermain.
  • Si kecil pasti suka membuat lubang acak di kertas, dan itu akan melatih otot mereka dengan baik.
  • Taruh play dough dengan warna berbeda di atas meja agar si kecil bisa membuat berbagai bentuk seperti bintang, segitiga, kotak, dan lingkaran.

 

  • Usia 3 Tahun

Perkembangan motorik, verbal, kognitif, dan interaktif si kecil akan berubah secara signifikan saat berusia 3 tahun. Si kecil sekarang dapat mendengarkan apa yang akan Moms katakan dan memahami dialog, cerita dan lirik lagu. 

Kegiatan yang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus untuk si kecil yang berusia 3 tahun, meliputi :

  • Berikan si kecil senar atau tali dan manik-manik besar, dan bantu si kecil memasang manik-manik tersebut.
  • Bantu si kecil menyendok sesuatu dari satu wadah ke wadah lainnya.
  • Kegiatan memasukkan sedotan ke dalam tabung terbuat dari karton berfungsi sebagai langkah awal yang baik untuk kegiatan merangkai atau mengikat tali. Biarkan si kecil fokus pada lubang kecil di karton dan berusaha mendorong sedotan untuk melaluinya.
  • Bosan mengambil pom pom dengan sendok? Jadikan lebih menantang dengan menggunakan penjepit dan ketika itu terlalu mudah, gunakan pinset!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Klik salah satu Customer Service kami pilih reseller jika anda reseller, pilih customer biasa jika anda customer